Minggu, 01 Maret 2009

analisis pupuk organik dari kotoran domba

BIBIT TERNAK,DAGING DOMBA MUDA, AQIQAH,KURBAN& PELATIHAN

Jumat, 2007 September 07

Produksi Pupuk Organik



Terimakasih diucapkan kepada saudara Chriss selaku manajer perkebunan Villa Domba yang telah memberikan informasi menarik ini sehingga dapat diketahui para pembaca Blog sekalian. Semoga ini akan bermanfaat khususnya dalam meningkatkan nilai pendapatan produksi ternak dari limbah kotoran yang dihasilkan.

Berikut akan diuraikan data mengenai Biaya Produksi Pupuk Organik yang saat sekarang ini dijadikan perhitungan di lahan peternakan Villa Domba, walaupun pupuk organik Villa Domba – Pukdom itu sendiri masih belum dikomersilkan karena khusus Kebutuhan Lahan perkebunan yang ada…….:-)

Harga larutan Teknologi Bio TRIBA per 1000 ml sebagai biodekomposer dihitung sebesar Rp. 30.000,-. Kotoran Domba dihitung gratis di mana Harga Berlaku di pasaran umumnya adalah Rp. 500,- s.d Rp. 1.000,- per Kg. Dengan demikian maka Biaya Produksi yang dialokasikan adalah hanya Rp. 30.000,- untuk 1000 ml larutan Teknologi Bio TRIBA.

Larutan Teknologi Bio TRIBA per 1000 ml dapat digunakan untuk Pengolahan 2000 Kg Kotoran Domba. Peralatan pendukung yang dibutuhkan adalah, Mulsa Plastik, Cangkul Garpu, Embrat, Ayakan dan Sekop dengan Nilai Investasi Awal kurang lebih Rp. 210.000,-.

Upah Tenaga Kerja per orang adalah Rp. 20.000,- di mana diperlukan 3 orang tenaga kerja sehingga biaya upah yang dialokasikan adalah Rp. 60.000,- per 1 kali pembuatan (pengolahan) untuk 2000 Kg Kotoran Domba menjadi Pupuk Organik.

Total Biaya Produksi sehingga dapat dihitung Rp. 30.000,- ditambah Rp. 60.000,- yaitu sebesar Rp. 90.000,- per 1 kali pembuatan (pengolahan) untuk 2000 Kg Kotoran Domba menjadi Pupuk Organik. Setelah 2 minggu proses fermentasi maka Jumlah Kg Pupuk Organik yang dapat diproduksi adalah sebanyak 1400 Kg.

Dengan demikian maka Biaya Produksi per Kg Pupuk Organik dari 2000 Kg Kotoran Domba adalah hanya Rp. 64,- saja (Belum dihitung Biaya Pembelian dan Penyusutan Peralatan, Bangunan, Pengemasan dan Biaya lainnya). Cukup menarik bukan! Coba para pembaca datang ke Kios Bunga dan tanyakan Harga Jual Pupuk Organik di sana!

Lebih menariknya lagi adalah, potensi pasar pupuk organik di pulau Jawa menurut Dr. Ir. Mesak Tombe selaku Penemu Teknologi Bio TRIBA berkisar antara 8 s.d 13 juta ton per tahun. Jagung, Kentang, Kubis dan Cabe merupakan jenis komoditas yang sangat memerlukan nutrisi dari pupuk organik. Hasil Survey di mana Petani tidak menggunakan Pupuk Organik adalah 60% karena tidak yakin efektivitasnya, 59% mutu tidak terjamin dan 64% akibat tidak tersedia di pasaran. Mulailah Beternak & Bertani Organik! Dapat Dagingnya dan dapat juga Pupuknya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar