Minggu, 01 Maret 2009

pembuatan pupuk organik

Membuat pupuk organik baik yang powder atau granul tidak sulit tetapi juga tidak mudah. Pupuk organik granul dapat dibuat dalam skala kecil atau pun dalam skala besar. Kalau mau anda pun bisa membuatnya sendiri.

Bahan-bahan untuk membuat pupuk organik granul umumnya terdiri dari dua bahan utama, yaitu:
1.Bahan Organik utama: kompos dan/atau
2.Bahan-bahan tambahan: gambut, fosfat alam (P), dolomit (Mg), kaptan, zeolit, dan lain-lain.


Kompos atau Pupuk Kandang

kompos

kompos

Kompos dan pupuk kandang merupakan bahan baku utama. Kompos bisa dibuat dari bahan-bahan organik apa saja, seperti: sampah organik, sisa jerami, sisa tanaman, limbah agroindustri dan lain-lain. Pupuk kandang sebenarnya juga kompos, tetapi bahan baku dasarnya adalah kotoran ternak. Semua kotoran ternak dapat dibuat pupuk kandang, seperti kotoran sapi, kotoran ayam, kotorang kambing, bahkan kotoran manusia juga bisa. Yang perlu diperhatikan adalah semua bahan-bahan ini harus dikomposkan terlebih dahulu. Bahan-bahan organik yang masih ‘mentah’ tidak bisa dijadikan sebagai bahan baku pupuk organik.

Bahan lain yang cukup mudah diperoleh adalah humus yang ada di penampungan-penampungan sampah. Umumnya sampah-sampah sudah ditampung selama bertahun-tahun. Sampah-sampah organik telah mengalami dekomposisi. Humus ini dapat diambil dan dijadikan sebagai bahan baku pupuk organik. Masalahnya humus ini bercampur dengan sampah-sampah non organik yang perlu dipisahkan terlebih dahulu. Masalah berikutnya adalah kemungkinan terkontaminasi logam berat atau bahan-bahan beracun lainnya.

Bahan kompos atau pupuk kandang dikeringkan terlebih dahulu. Pengeringan bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana: dijemur. Dapat juga dengan dikeringkan menggunakan mesin pengering. Hanya saja cara ini perlu dipertimbangkan biayanya, karena menggunakan bahan bakar solar atau minyak tanah. Pengeringan dilakukan sampai kadar air kompos di bawah 15%.

Kompos yang sudah kering selanjutnya dihaluskan. Tingkat kehalusan yang baik untuk pembuatan granul adalah 80 – 100 mesh. Penghalusan kompos menggunakan hammer mill (mesin penepung) atau mesin cacah. Di bagian ujung mesin itu diberi saringan ukuran 80 – 100 mesh.

mesin_cacah02
Contoh mesih penghalus kompos seperti gambar di bawah ini. Mesin ini bukan seperti mesin cacah kompos biasa. Mesin ini didesain secara khusus agar dapat menghaluskan kompos dengan cepat dan hasilnya halus. Meskipun tampaknya kecil, mesin ini kapasitasnya 2 ton kompos kering per hari.


Fosfat Alam

Fosfat alam merupakan salah satu pupuk fosfat alami karena berasal dari bahan tambang. Fosfat alam mengandung fosfat yang sangat bervariasi. Fosfat alam yang bagus mengandung fosfat alam (P2O5) lebih dari 30%. Umumnya kandungan fosfat alam sangat rendah bahkan kurang dari 20%. Fosfat alam yang baru ditambang ada yang berupa batuan yang keras dan ada juga yang lunak.

Jika akan menggunakan fosfat alam sebaiknya diteliti dahulu kandungan fofatnya. Saran selalu mengirimkan sampel fosfat alam ke lab untuk setiap pengiriman fofat alam. Khususnya jika fosfat alam yang berasal dari dalam negeri, karena kandungan fosfatnya sangat bervariasi. Jangan sampai anda dikomplain karena kandungan fosfatnya kurang dari spek.

Jika memungkinkan pesan fosfat alam dengan tingkat kehalusan 80 – 100 mesh. Tetapi kadang-kadang orang juga menjual fosfat alam yang kasar jadi perlu dihaluskan terlebih dahulu. Menghaluskan fofat alam bisa menggunakan hammer mill atau mesin penepung.


Dolomit

Dolomit adalah salah satu sumber hara Mg yang juga alami. Dolomit mirip dengan fosfat alam dan sering ditemukan di tambang yang berdekatan. Dolomit juga dipesan dengan kehalusan 80 – 100 mesh.


Kaptan

Kaptan lebih sangat mirip dengan dolomit. Kaptan tidak memiliki hara makro. Penggunaan kaptan lebih banyak sebagai bahan pengisi dan untuk meningkatkan pH.


Gambut

Gambut merupakan sumber bahan organik selain kompos. Gambut bereaksi lebih masam daripada kompos. Gambut juga tersedia melimpah dan mudah didapat. Gambut sebaiknya dipilih gambut yang tua. Seperti bahan baku yang lain, ukura kehalusan gambut antara 80 – 90 mesh.

gambut
Penambangan gambut


Zeolit

Zeolit bukan merupakan sumber hara utama, tetapi zeolit memiliki sifat khusus yang dapat meningkatkan KTK (Kapasitas Tukar Kation) tanah.


Bahan Tambahan Lain

Untuk meningkatkan kualitas pupuk organik dapat ditingkatkan dengan menambahkan bahan-bahan pengaya lain, seperti: ekstrak tanaman tertentu, bahan-bahan hasil fermentasi, atau pun pupuk organik cair.


Komposisi Bahan

Tidak ada rumus baku untuk membuat pupuk organik granul. Umumnya kompos merupakan bahan utama dengan komposisi lebih dari 60%. Sisanya adalah bahan-bahan tambahan lain. Ukuran 80 – 100 mesh adalah ukuran untuk pupuk organik granul. Tetapi jika pupuk organiknya bukan granul ukuran ini bisa diabaikan.


Buat Sendiri Aja

Meramu pupuk organik tidak sesulit yang diduga. Meskipun sekarang banyak dijual pupuk organik, alangkah baiknya jika membuat sendiri pupuk organik tersebut. Petani-petani yang cukup memilikimodal dapat membuatnya sendiri. Petani yang kurang modal bisa patungan untuk membuatanya, misalnya melalui kelompok tani atau gapoktan.

Untuk membuat pupuk granul lihat di posting berikut ini:
Membuat Pupuk Granul
granul

4 Tanggapan ke “Membuat Pupuk Organik Sendiri”

  1. Membuat Pupuk Organik Granul « isroi Berkata:

    [...] Pupuk Organik Granul Pupuk Organik Granul Baca juga: membuat pupuk organik sendiri Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk. Bisa dibuat curah, table, pelet, briket, [...]

  2. Video Pembuatan Granul dengan Pan Granulator « isroi Berkata:

    [...] Video Pembuatan Granul dengan Pan Granulator Saya mencoba mengabadikan proses pembuatan pupuk organik granul dengan pan granulator. Video ini dibuat dengan kamera seadanya dan pencahayaan seadanya. Jadi gambarnya kurang begitu jelas. Meskipun begitu, saya harap video ini masih bermanfaat untuk mengetahui cara membuat pupuk organik granul. Baca ini juga: Membuat Pupuk Granul | Membuat Pupuk Organik Sendiri [...]

2 komentar:

  1. Kunjungi http://cahyasunandar-cahya.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. salam kenal.kami mau menawarkan kaolin/clay merah ,bentonit.sebagai bahan pelekat pembuatan pupuk organik granul,keramik,lem.dll.prodok kami sdh berbentuk tepung sesuai dengan permintaan mungkin bpk/ibu membutuhkan.harga kami jamin murah karna kami pertambangan langsun..TKS.085290089233

    BalasHapus